Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Sekolah : SD dan MIMata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi :
2. Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan.
3. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekitar.
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk
formulir ringkasan, dialog, dan paragraf.
Kompetensi Dasar :
2.1 Menyampaikan pesan/informasi dari berbagai media dengan bahasa yang runtut,
baik, dan benar.
3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubkrik khusus (majalah anak/koran, dll.).
4.2 Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar.
Indikator :
2.1.1 Mampu menjelaskan cara mengkritik sesuatu disertai alasan.
2.1.2 Mampu mengkritik sesuatu disertai alasan.
3.2.1 Mampu menjelaskan cara menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus
(majalah anak, koran, dll.).
4.2.1 Mampu menjelaskan cara membuat ringkasan dari teks yang dibaca.
4.2.2 Mampu membuat ringkasan dari teks yang dibaca/didengar.
Alokasi Waktu : 12 × 35 menit (6 × pertemuan).
1. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat menyampaikan pesan/informasi dari berbagai media dengan bahasa yang runtut, baik,
dan benar.
b. Siswa dapat menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak.koran, dll)
c. Siswa dapat membuat ringkasan dari teks yang dibaca/didengar.
2. Materi Pembelajaran
a. Penyampaian Pesan
1) Cara menyampaikan pesan.
2) Pokok-pokok yang perlu disampaikan.
3) Bahasa penyampaian.
b. Tanggapan Rubrik Khusus
1) Cara menanggapi.
2) Hal-hal yang perlu ditanggapi.
c. Pembuatan Ringkasan dari Teks
Cara membuat ringkasan.
3. Metode Pembelajaran
a. Pemodelan
b. Demonstrasi
c. Tanya jawab
d. Ceramah bervariasi
e. Diskusi
f. Resitasi
g. Inkuiri
h. Problem solving
4. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Awal
Cerita singkat guru tentang demonstrasi/aksi di telivisi.
b. Kegiatan Inti
1) Penyampaian teks/potongan koran berisi berita aksi mahasiswa/buruh pabrik.
2) Penugasan guru tentang tata cara penyampaian kritik.
3) Diskusi materi menyampaikan kritik disertai alasan-alasan.
4) Penyimpulan bersama.
c. Kegiatan Akhir
1) Pembacaan simpulan.
2) Penyampaian tugas perihal berita penyampaian kritik.
Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Awal
Tanya jawab tugas.
b. Kegiatan Inti
1) Pembacaan berita dari koran.
2) Mendata cara dan hal-hal/pokok-pokok kritikan dari bacaan.
3) Diskusi hasil kerja siswa.
4) Penyimpulkan hasil kerja siswa dalam memberikan kritik.
5) Penilaian bersama.
c. Kegiatan akhir
Refleksi.
Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan Awal
Penyampaian informasi awal dari berita di majalah.
b. Kegiatan Inti
1) Diskusi perlunya memberikan tanggapan atas kritik khusus.
2) Penugasan tentang tata cara memberikan tanggapan.
3) Penulisan cara-cara memberi tanggapan (oleh siswa).
4) Diskusi cara memberi tanggapan.
5) Penyimpulan dan penulisan rumusan langkah memberi tanggapan.
6) Penyusunan kritik penilaian.
c. Kegiatan Akhir
Pemberian tugas memberi tanggapan atas peristiwa
Pertemuan Keempat
a. Kegiatan Awal
Tanya jawab dalam menaggapi sebuah peristiwa.
b. Kegiatan Inti
1) Diskusi hasil kerja siswa di rumah.
2) Pengembangan jiwa tentang pokok-pokok tanggapan.
3) Penilaian bersama atas hasil kerja beberapa siswa.
4) Diskusi guru dan siswa tentang tanggapan dari beberapa siswa yang telah disampaikan.
5) Penyimpulan dari berbagai tanggapan atas suatu hal.
c. Kegiatan Akhir
Refleksi.
Pertemuan Kelima
a. Kegiatan Awal
Cerita singkat guru tentang perlunya sebuah ringkasan.
b. Kegiatan inti
1) Pembagian teks berisi bacaan terdiri dari 2–3 paragraf.
2) Ceramah bervariasi tentang cara menyusun ringkasan secara tersamar.
3) Siswa berdiskusi merumuskan cara-cara menyusun ringkasan.
4) Penyusunan rubrik penilaian.
5) Pelaporan hasil diskusi oleh siswa.
c. Kegiatan Akhir
1) Refleksi.
2) Penyampaian tugas untuk menyusun ringkasan dari sebuah teks.
Pertemuan Keenam
a. Kegiatan Awal
Tanya jawab tugas rumah.
b. Kegiatan Inti
1) Diskusi tugas yang dikerjakan di rumah.
2) penyampaian teks yang harus dikerjakan siswa (meringkas).
3) Secara berkelompok siswa meringkas teks.
4) Laporan hasil tiap kelompok demoderatori guru.
5) Diskusi kelas hasil kerja tap kelompok.
6) Penilaian bersama sesuai rubrik penilaian yang disepakati.
c. Kegiatan Akhir
Refleksi.
5. Sumber Belajar
a. Koran
b. Buku Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI, Y. Budi Artati dkk., 2006.
c. Buku teks
6. Penilaian
a. Teknik : – Penugasan
– Pengamatan
b. Instrumen :
1) Jelaskan cara mengritik sesuatu!
a) Materi
b) Bahasa
c) Alasan
2) Berikan kritik atas peristiwa yang disampaikan melalui teks berikut!
a) Paparan materi
b) Layaknya persoalan
c) Jalan keluarnya
d) Bahasa kritikan
3) Jelaskan langkah-langkah menanggapi informasi dari majalah
a) Identifikasi permasalahan
b) Cara menanggapi
c) Bahasa tanggapan
4) Berikan tanggapan atas peristiwa dalam teks berikut ini!
a) Pokok-pokok peristiwa
b) Hal-hal yang perlu ditanggapi
c) Bahasa tanggapan
d) Jalan keluar yang selayaknya
5) Jelaskan cara membuat ringkasan!
a) Langkah-langkah meringkas
b) Membaca teks
c) Memberi tanda pada kalimat inti
d) Menulis gagasan-gagasan pokok
e) Menyusun ringkasan
6) Buatlah ringkasan dari teks berikut ini!
a) Kesesuaian teks dengan pokok-pokok ringkasan
b) Tata tulis ringkasan
. . . . . , . . . . . . . . . .
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
NIP NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.