Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SD/MI . . .
Kelas : VI
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Semester : I (satu)
Standar Kompetensi
1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya.
Kompetensi Dasar
1.1. Mendeskripsikan ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan dan lingkungan hidupnya.
Indikator
• Memberi contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk kebutuhan hidupnya.
• Mendeskripsikan ciri khusus yang dimiliki hewan.
• Mengkaitkan ciri khusus hewan dengan lingkungan hidupnya.
• Melakukan pengamatan hewan di sekitar yang miliki ciri khusus.
Alokasi Waktu
6 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
1. Memberikan contoh hewan yang memiliki ciri khusus.
2. Menyebutkan ciri khusus yang dimiliki hewan.
3. Menjelaskan keterkaitan antara ciri khusus hewan dengan lingkungan hidupnya.
B. Materi Pokok / Materi Pembelajaran
Ciri-ciri khusus hewan
1. Hewan-hewan yang memiliki ciri khusus
2. Ciri-ciri khusus hewan
3. Ciri khusus hewan dan lingkungan hidupnya
C. Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran
a. Cooperative Learning (CL)
b. Creative Thinking (CT)
2. Metode
a. Diskusi
b. Pengamatan
c. Kerja Kelompok
D. Langkah-Langkah Kegiatan
1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Motivasi
Memberi motivasi dengan mengamati itik yang mempunyai ciri kaki berselaput.
2) Pengetahuan Prasyarat
Mengajukan pertanyaan prasarat:
Apa guna kaki berselaput pada itik.
b. Kegiatan Inti
1) Guru memasang gambar hewan yang memiliki ciri khusus.
2) Guru mempresentasikan nama hewan yang telah dipasang dan menuliskan dalam tabel.
3) Guru menuntun siswa untuk mencari jenis hewan yang memiliki ciri khusus (5 jenis).
4) Beberapa siswa menuliskan jawaban ke papan tulis.
5) Membahas jawaban siswa, dan memasukkkan nama hewan ke dalam tabel.
6) Guru memberi contoh, mendeskripsikan ciri khusus salah satu hewan.
7) Guru membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok.
8) Guru mengarahkan cara kerja kelompok.
9) Guru meminta memasang hasil kerja di seputar dinding dan setiap kelompok berputar membaca
hasil kerja kelompok lain.
10) Guru mengambil sampel hasil kerja salah satu kelompok untuk pembahasan.
c. Kegiatan Penutup
1) Memberi nilai dan memberi penghargaan hasil kerja siswa yang masih terpasang di dinding
2) Membimbing siswa membuat rangkuman
3) Uji kompetensi
Contoh : Sebutkan bentuk adaptasi ciri khusus yang dimiliki itik.
2. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan awal
– Pengetahuan prasyarat
Mengajukan pertanyaan prasyarat sambil menunjuk hasil kerja siswa yang masih terpasang
di dinding:
1) Mengapa cicak dapat merayap di atap tanpa jatuh ?
2) Apakah yang dimaksud habitat ?
b. Kegiatan Inti
1) Guru menunjukkan salah satu gambar hewan yang memiliki ciri khusus, sebagai bahan diskusi
kelas, untuk mengkaitkan ciri khusus dengan lingkungan hidupnya.
2) Guru memasang lima gambaran hewan lain yang memiliki ciri khusus.
3) Guru mengarahkan siswa untuk mencari informasi keterkaitan ciri khusus hewan tersebut
dengan lingkungan hidupnya.
4) Menunjuk 10 siswa untuk menuliskan hasil di papan tulis (1 hewan 2 anak).
5) Guru meminta siswa lain untuk memberikan tanggapan.
6) Membuat kesimpulan bersama.
c. Kegiatan Penutup
1) Uji kompetensi
Contoh:
a) Apakah yang dimaksud ekolokasi?
b) Apakah fungsi kaki berselaput pada itik?
2) Memberikan Tugas Proyek
Mengamatij 5 jenis hewan di sekitarnya, ciri khusus dan keterkaitan dengan lingkungan
hidupnya.
Sumber Belajar
1. Buku IPA Saligtemas Kelas VI SD dan MI, Wigati Hadi Omegawati dkk.
2. Gambar-gambar hewan
3. Lingkungan sekitar
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik Penilaian / Bentuk Instrumen
a. Tes tertulis, isian dan uraian
b. Tugas Praktik
Aspek yang dinilai Score
– Contoh hewan benar = 10
– Ciri khusus benar = 20
– Keterkaitan ciri khusus dengan lingkungan hidup benar = 20
___________ +
50
________, ____________________
Mengetahui,
Kepala SD/MI Guru Mata Pelajaran
_______________
NIP. ___________ NIP. ___________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.