Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
SD/MI :Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : 6 (Enam)/1 (Satu)
Standar Kompetensi : 1. Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai
dasar negara.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila
sebagai dasar negara.
Indikator :
1. Menjelaskan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
2. Menunjukkan golongan-golongan yang berperan dalam rancangan
perumusan Pancasila.
3. Menjelaskan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila
4. Menunjukkan sikap yang sesuai /selaras dengan nilai-nilai juang dalam
kehidupan sehari-hari.
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat:
1. Menceritakan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
2. Menyebutkan peran BPUPKI dalam perumusan Pancasila.
3. Menyebutkan pengusul nama dasar negara Pancaasila.
4. Menjelaskan nilai-nilai juang yang dapat diteladani sesuai dalam proses
perumusan Pancasila.
5. Menerapkan nilai-nilai juang dalam sikap hidup sehari-hari.
Materi Pembelajaran : 1. Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara .
2. Nilai nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar
negara.
Metode
Diskusi dan Laporan.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a. Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pelajaran.
b. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi.
c. Siswa menyiapkan bahan yang akan didiskusikan.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa membaca materi dalam buku.
b. Siswa mendiskusikan hasil membaca materi dengan kelompok-kelompok yang dibentuk.
c. Siswa melaporkan hasil diskusi secara bergantian.
d. Menyimpulkan hasil keputusan bersama yang dibimbing guru.
3. Kegiatan Penutup (10 menit)
Pertemuan II
1. Pendahuluan (10 menit)
a. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui kegiatan
pembelajaran.
b. Siswa membagi diri dalam kelompok diskusi.
c. Siswa dan guru menyiapkan materi diskusi.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa membaca materi tentang nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila.
b. Siswa mendiskusikan yang termasuk nilai-nilai juang yang sesuai dengan kehidupan sehari-
hari.
c. Siswa melaporkan hasil diskusi.
d. Guru mengklarifikasi hasil diskusi.
e. Siswa membuat kesimpulan hasil diskusi yang telah diklarifikasi.
3. Kegiatan Penutup
Alat /Sumber
1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VI Penerbit Cempaka Putih.
2. Naskah Piagam Jakarta.
3. Gambar tokoh-tokoh perumus Pancasila.
Penilaian
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan melalui tes tertulis.
Bagian I
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas!
1. Sebutkan lima penelitian yang diusulkan Ir. Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945!
2. Terkenal dengan sebutan apakah kelima prinsip dasar/pokok pikiran yang diutarakan Ir. Soekarno!
3. Bagaimana jalannya sidang pada saat proses perumusan Pancasila?
4. Tindakan apa yang diambil BPUPKI sebelum memasuki masa istirahat dari kegiatan sidang?
5. Jelaskan rumusan dasar negara diambil dan bagaimana bunyinya!
Bagian II
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1. Pancasila diambil dari . . . .
2. Yang menjadi perdebatan hebat pada dasar negara terletak pada sila ke . . . .
3. Yang tampil sebagai penengah dalam perdebatan itu adalah . . . .
4. Kebutuhan utama bangsa Indonesia guna menghadapi musuh adalah rasa . . . dan . . . .
5. Akhirnya Pancasila disepakati sebagai . . . setelah tujuh kata pada rumusan yang pertama dihapus.
Mengetahui,
Kepala Sekolah . . . . Guru Kelas VI
( ) ( )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.