Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
SD/MI :
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : 3 (tiga)/1 (satu)
Tema : Keragaman
Alokasi Waktu : 6 pertemuan ×/ 35 menit (12 jam pelajaran)
Indikator : 1.1.1 Mampu menemukan beberapa sebutan nama untuk Tanah Air
Indonesia.
1.1.2 Mampu menyebutkan nama-nama suku serta asal daerahnya yang
ada di Indonesia.
1.1.3 Mampu menemukan beberapa bahasa daerah yang ada di Indonesia.
1.1.4 Mampu menunjukan bahasa yang digunakan untuk berhubungan
antarsuku-suku bangsa yang ada di Indonesia.
1.1.5 Mampu menunjukkan bahasa resmi Negara Kesatuan Republik
Indonesia.
1.1.6 Mampu menemukan cara untuk menjaga keakraban masing-masing
suku di Indonesia.
1.2.1 Mampu membuat cerita pendek sesuai dengan ungkapan ”Bersatu
kita teguh bercerai kita runtuh.”
1.2.2 Mampu menceritakan hal-hal yang mendorong diikrarkannya Sumpah
Pemuda.
1.2.3 Mampu menyebutkan tanggal diikrarkannya Sumpah Pemuda.
1.2.4 Mampu membacakan isi Sumpah Pemuda dengan benar.
1.2.5 Mampu menyebutkan nilai-nilai yang terkandung dalam Sumpah
Pemuda.
1.2.6 Mampu mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan
keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan sekitar.
Sarana dan Sumber Belajar
• Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan kelas 3. Penerbit Cempaka Putih.
Strategi Kegiatan
Pertemuan I
A. Pembukaan (15 menit)
• Berdoa bersama.
• Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa.
• Guru meminta anak untuk menyebutkan tempat tinggalnya, daerahnya, serta bahasa sehari-
hari di rumah.
B. Inti (40 menit)
• Di kelas secara individual anak diminta mengamati peta Indonesia yang dipampang di papan
tulis, disuruh menulis nama-nama pulau yang besar pada peta tersebut kemudian dibaca
bersama-sama.
• Kegiatan berikutnya anak diminta mencari nama-nama sebutan untuk Tanah Air Indonesia
dan nama-nama suku-suku bangsa serta asal daerahnya di Indonesia (dari buku materi)
pada lembar kerja.
• Guru meminta anak untuk mencatat nama-nama sebutan untuk Tanah Air Indonesia dan
suku-suku bangsa dan asal daerahnya di Indonesia.
C. Penutup (15 menit)
• Guru bercerita tentang keragaman suku-suku dan sebutan nama-nama tanah air Indonesia
dilanjutkan tanya jawab.
• Pesan-pesan moral bagi anak walaupun banyak sebutan nama-nama Tanah Air dan banyak
suku bangsa itu tetap Indonesia.
Pertemuan II
A. Pembukaan (15 menit)
• Tanya jawab.
• Menyiapkan perlengkapan pembelajaran.
B. Inti (40 menit)
• Di kelas anak secara individual diminta membaca materi tentang bahasa daerah dan bahasa
resmi Indonesia.
• Secara kelompok mencari informasi dari sumber yang diberikan guru tentang bahasa daerah
yang ada di Indonesia.
• Kegiatan selanjutnya mengisi lembar kerja secara kelompok. Setelah semua selesai dilanjut-
kan laporan dari masing-masing kelompok.
• Guru bersama-sama siswa menyimpulkan hasil kerja, untuk dicatat siswa.
C. Penutup (15 menit)
• Guru kembali menyimpulkan secara lisan dilanjutkan tanya jawab.
• Pesan-pesan moral misalnya walaupun terbiasa menggunakan bahasa daerah untuk menjaga
kerukunan, bila berhubungan dengan suku lain kita gunakan bahasa persatuan/bahasa resmi
yaitu bahasa Indonesia.
Pertemuan III
A. Pembukaan (15 menit)
Guru bercerita pada siswa yang sesuai dengan materi (contoh cerita pendek).
B. Inti (40 menit)
• Guru menjelaskan pada anak dalam membuat cerita.
• Siswa secara kelompok diberi lembar kerja untuk membuat cerita pendek yang sesuai dengan
ungkapan ”Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh” dengan bimbingan guru.
• Perwakilan masing-masing kelompok membacakan di depan kelas.
• Hasil terbaik 1–3 dipajang di papan pajangan.
• Guru memberikan hadiah berupa tepuk tangan.
C. Penutup (15 menit)
• Memberikan tugas pada anak secara individual untuk membuat cerita pendek sesuai ungkapan
tersebut.
• Pesan-pesan untuk anak misalnya dapat menjaga kerukunan antara teman satu kelas dapat
memperkokoh persatuan warga sekolah.
Pertemuan IV
A. Pembukaan (15 menit)
• Guru memberi contoh membaca isi Sumpah Pemuda.
• Siswa menirukan membaca bersama-sama.
B. Inti (40 menit)
• Siswa mencari informasi tentang Sumpah Pemuda dari buku, dilanjutkan mengisi lembar
kerja secara berpasangan.
• Guru memeriksa hasil kerja dan menentukan hasil terbaik 1–5 untuk dipajang.
• Siswa secara bergantian membacakan isi Sumpah Pemuda di depan kelas.
C. Penutup (15 menit)
• Tanya jawab.
• Pesan-pesan moral, dengan diikrarkan Sumpah Pemuda dapat memperkokoh persatuan.
Pertemuan V
A. Pembukaan (15 menit)
• Tanya jawab.
• Persiapan perlengkapan pembelajaran.
B. Inti (40 menit)
• Di kelas secara individual anak membaca materi untuk mencari informasi tentang nilai-nilai
yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.
• Siswa secara kelompok mengerjakan lembar kerja untuk mendiskusikan cara mengamalkan
nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan
masyarakat.
• Laporan masing-masing kelompok dilanjutkan membuat kesimpulan oleh guru bersama-sama
siswa.
C. Penutup (15 menit)
• Tanya jawab.
• Pesan moral untuk anak bahwa pengalaman nilai-nilai Sumpah Pemuda sangatlah perlu dilak-
sanakan di rumah, sekolah, serta masyarakat.
Pertemuan VI
Ulangan harian.
Lembar Kerja I
Wilayah Indonesia sangat luas, banyak pulau, selat, dan laut. Maka bangsa-bangsa lain banyak yang
memberinya nama. Carilah dari bukumu nama-nama untuk Indonesia, masukkan pada tabel di bawah
ini!
No. Nama Orang/Negara Penyebut Sebutan Alias
1. Bangsa Cina . . . . . . . .
2. Bangsa India . . . . . . . .
3. Bangsa Eropa . . . . . . . .
4. Pemerintah Jepang . . . . . . . .
5. Douwes Dekker . . . . . . . .
Akhirnya sampai sekarang yang dipakai nama . . . .
Untuk menyebutkan wilayah tanah air dari . . . sampai . . . .
Lembar Kerja II
Carilah informasi dari buku teksmu tentang suku bangsa, rumah adat, bahasa daerah, dan lain-lain.
Tulislah informasi yang kalian dapatkan dan masukkan pada tabel di bawah ini!
No. Nama Gambar
Nama
Suku Bahasa Tarian Rumah Senjata Daerah
Daerah Adat
Lembar Kerja IV
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Negara nama saja yang pernah menjajah Indonesia?
2. Apa yang menyebabkan kekalahan Indonesia dalam melawan penjajah?
3. Semangat apa yang mendorong dicetuskannya Sumpah Pemuda?
4. Kapan Sumpah Pemuda dicetuskan?
5. Tulislah bunyi Sumpah Pemuda!
Lembar Kerja V
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Apa makanan kesukaan ayah, ibu, adik, dan kakakmu?
2. Apa hoby dari ayah, ibu, adik, dan kakakmu?
3. Bagaimana cara mengatasi perbedaan tersebut?
4. Bagaimana jika jembatan penghubung di kampungmu rusak karena banjir?
5. Mengapa tugas piket di sekolah dapat dirasakan lebih ringan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.