Ekspositori, deduktif, Tanya jawab, latihan Rencana Pelaksanaan Permbelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ I
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
Standar Kompetensi : Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah
I. Kompetensi Dasar : Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat- sifatnya pembulatan dan penaksiran.
II. Indikator :
Menggunakan sifat komutatif (pertukaran), assosiatif (pengelompokan), dan distributif dalam perhitungan
III. Tujuan Pembelajaran : Melakukan dan menggunakan 0perasi hitung bilangan bulat
IV. Materi Ajar : Operasi Hitung Bilangan Bulat
V. Metode Pembelajaran : Demonstrasi, Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori
VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Mengingatkan kembali tentang macam-macam bilangan bulat yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya
Kegiatan Inti
Melakukan percobaan dengan menggunakan kancing berwarna-warni yang dapat membantu siswa memahami sifat-sifat operasi hitung yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari, misalnya : 5 kancing Merah + 4 Kancing Putih apakah sama dengan 4 kancing Putih + 5 Kancing Merah ? (sifat komutatif penjumlahan). Setelah selesai melakukan percobaan dan ditarik kesimpulan siswa di uji kemampuannya dengan mengerjakan soal latihan.
Kegiatan Akhir
Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan pekerjaanrumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
q Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 M.Khafid, Sutati Erlangga.
q Matematika SD untuk Kelas V Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 5 B Esis
q Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 5 Munawati Fitriyah Widya Utama
q Kancing Baju
q White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis
VIII. Penilaian
Teknik:Tes dan non tes
Bentuk : Isian
Instrumen:
1. 50 + 17 = …….+…….
2. –12 X 5 = …….+……
3. 12 + ( 14 + 70) = (….+….) + ….
4. 10 X (-19 X 5) = (….+…) + ….
5. –14 X (15 + 40) = (….X…,) + (….X….)
Rencana Pelaksanaan Permbelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ I
Pertemuan Ke : 2
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
Standar Kompetensi : Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah
I. Kompetensi Dasar : Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran.
II. Indikator :
· Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan , puluhan serta ratusan terdekat.
· Menaksir hasil operasi hitung ( Menjumlahkan, mengurangkan, mengali dan membagi) dua bilangan.
III. Tujuan Pembelajaran : Melakukan dan menggunakan 0perasi hitung bilangan bulat
IV. Materi Ajar : Operasi Hitung Bilangan Bulat
V. Metode Pembelajaran : Tanya Jawab, Ekspositori, latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal : Apresepsi/ Motivasi
Mengingatkan kembali tentang cara membulatkan bilangan bulat yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya
Kegiatan Inti: Menjelaskan cara membulatkan bilangan dan menaksir dengan menggunakan garis bilangan.
![]() |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
![]() | ![]() |
dibulatkan ke bawah dibulatkan ke atas
Kemudian melakukan diskusi mengenai cara mennaksir hasil operasi hitung, setelah itu siswa diuji leterampilannya dalam, membulatkan dan menaksir hasil operasi hitung.
Kegiatan Akhir: Guru memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas bersama-sama kemudian memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
q Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 M.Khafid, Sutati Erlangga.
q Matematika SD untuk Kelas V Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 5 B Esis
q White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis
VIII. Penilaian
Teknik: Tes dan non tes
Bentuk: Isian
Instrumen
1. 7823 dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi ………..
2. 5467 dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi………….
3. 234
…………………

4. 1786
………………..

5. 3456 + 456
………

6. 567 X 4
……….

Rencana Pelaksanaan Permbelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ I
Pertemuan Ke : 3
Alokasi Waktu : 3 x 35 Menit
Standar Kompetensi : Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah
I. Kompetensi Dasar :
Menggunakan Faktor Prima untuk menentukan FPB dan KPK.
II. Indikator :
· Mampu Menyebutkan definisi FPB dan KPK.
· Menggunakan faktorisasi prima untuk menentukan FPB dan KPK dari dua dan tiga bilangan
III. Tujuan Pembelajaran : Melakukan dan menggunakan 0perasi hitung bilangan bulat
IV. Materi Ajar : Operasi Hitung Bilangan Bulat
V. Metode Pembelajaran : Demonstrasi, diskusi,
VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal: Apresepsi/ Motivasi; Memberikan permasalahan dalam kehidupan sehari hari yang berhubungan dengan FPB dan KPK.
Kegiatan Inti
· Melakukan percobaan menggunakan benda disekitar untuk membangun pemikiran siswa mengenai konsep FPB dan KPK, Misalnya dalam membagi 20 koin seratus dan 25 koin lima ratus sama rata membutuhkan berapa wadah? Berapakah jumlah masing-masing koin pada setiap wadahnya? (konsep FPB) atau menghitung jadwal keberangkatan kereta api kapan kedua kereta itu dapat pergi sama-sama? (konsep KPK) dll. Setelah diberikan permasalahan tersebut siswa berdiskusi membuat kesimpulan bersama-sama mengenai definisi FPB dan KPK.
· Menjelaskan cara mencari FPB dan KPK menggunakan faktorisasi prima, sebelumnya siswa diingatkan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan bilangan prima.
· Siswa diuji keterampilan dan kemampuan dengan mengerjakan soal-soal latihan.
Kegiatan Akhir: Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan pekerjaanrumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
q Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 M.Khafid, Sutati Erlangga.
q Koin Logam , manilk-manik, jam beker dll
q White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis
VIII. Penilaian
Teknik: Tes dan non tes
Bentuk: Isian
Instrumen
1. Carilah FPB dan KPK dari 32 dan 60!
2. Carilah FPB dan KPK dari 15, 25 dan 30!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.